Cara Efektif Memperoleh Modal Usaha

1:25 AM
Cara Efektif Memperoleh Modal Usaha
Cara Efektif Memperoleh Modal Usaha
Ciri Blog - Bagaimana Cara Memperoleh Modal Usaha ? Oke, Kali ini saya membagikan caranya kepada anda memperoleh modal dengan mudah. Pada Dasarnya Modal bagaikan fondasi pada sebuah usaha yang akan dibangun. Tetapi Perlu Diingat Modal Usaha bukan hanya sekedar uang atau aset (Kekayaan), teapi juga bisa dalam bentuk wujud pengetahuan terhadap suatu usaha tersebut, Pengalaman, Keberanian, serta Networking.

Namun dari beberapa modal diatas, kebanyakan dari calon pengusaha menemui suatu kendala besar atau sulit dalam mendapatkan atau mencari suatu modal berupa uang atau aset modal. Berikut Ini adalah beberapa Altertaif yang dapat digunakan untuk mendapatkan dana untuk suatu usaha. Ada Enam (6) Jenis sumber modal yang dapat anda gunakan.

1. Dana Sendiri / Tabungan

Anda dapat menggunakan modal usaha dengan menggunakan dana sendiri atau tabungan. Mislanya dana yang telah anda simpan dari usaha anda menabung sejak dulunya. Jika dana tersebut masih belum cukup atau kurang, maka anda juga bisa menutupi kekurangan dana tersebut dengan menjual sebagian harta atau aset berharga yang anda miliki saat ini, Misalnya perhiasan kendaraan, mesin dan lainnya.

2. Mencari dana Hibah Perusahaan

Saat ini perusahaan-perusahaan besar memiliki budget atau anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat umum dengan menyalurkan suatu dana modal usaha melalui Devisi CSR (Corporate Social Responsibility). 

Untuk teknis dalam suatu penyaluran dana biasanya dalam bentuk Event Competition. Maka dari karena itu, event tersebut merupakan peluang bagi para calon pengusaha untuk mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usaha mereka.

 3. Menjalin Kerja Sama

Jika anda memiliki teman atau saudara yang memiliki minat yang sama dan hendak memjadikan hal tersebut sebagai bisnis, cara ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Rekan bisnis hanya bisa memberikan bantuan berupa modal, atau bisa menjadi membantu juga dapat di operasional bisnis sehari-hari. 

Anda juga harus menyepakati/Menyetujui hal-hal seperti pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan, tersakiti, dibohongi atau yang lainnya. Kesepakatan itu perlu dibuat perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu di kemudian harinya.

4. Mencari Investor

Cari yang satu ini juga sangat membantu wirausaha untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga. Ada bedanya, seorang investor biasanya hanya akan memeberikan modalnya berupa dana tanpa ikut serta atau terjun langsung dalam pengoperasional dalam suatu usaha. Hal ini sama seperti dengan cara sebelumnya. hal-hal dalam pembagian penghasilan atau kesepakatam lain harus berupa suatu perjanjian tertulis agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan bila terjadi sesuatu di kemudian harinya.

5. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Ke Bank

Wirausaha juga bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Sebelum dalam pengajuan ini, pasti pihak bank ingin mengetahui suatu profil usaha yang akan dibuat berupa proposal atau bahkan beberapa meminta Anda untuk menyampaikan Feasibility Study. 

Kalau gagal mendapatkan pinjaman atas nama usaha anda karena usaha yang masig relatif baru, maka anda bisa megajukan pinjaman atas nama anda probadi (personal loari). Kerugian pinjaman jenis ini adalah biaya bunga yang sangat tinggi.

6. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Ke Koperasi

Ini adalah langkah terakhir dalam memperoleh modal usaha, Apabila mengajukan pinjaman ke bank cukup sulit dengan persyaratan yang begitu ketat, maka Anda bisa mengajukan pinjaman melalui proses terutama koperasi simpan pinjam. Mirip seperti pemgajua pinjaman ke bank, koperasi juga memsyaratkan profil usaha, Feasibility Study, dan business plan.

Adapun untuk bunga pinjaman bisa saja lebih tinggi dari bunga pinjaman dari bank, Apabila dirasa keuntungan yang akan dihasilkan cukup tinggi dan mampu menutupi biaya bunga pinjaman tersebut, koperasi layak dijadikan salah satu alternatif memperoleh modal usaha.

Itulah cara memperoleh modal usaha untuk membangun suatu usaha yang akan dibuat, 
semoga artikel yang saya share ke anda sangat bermanfaat.

0 comments